Cara Membuat Postingan Blog yang Baik dan Benar

Alhamdullillah ! sampai juga dalam pembahasan ini, dalam materi kali ini saya akan kembali melanjutkan dalam postingan sebelumnya yaitu cara dasar membuat blog  Buat kalian yang belum sempet membaca postingan sebelumnya ada baiknya menyimak dulu ya ! buat yang sudah paham dan sudah mengerti maka bisa lanjut dalam postingan ini. 

Okey ! di sini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat postingan dalam sebuah blog, postingan ini bisa di katakan membuat artikel. Ahhh males nulis ! yups , di sini penyakit terbesar pada kebanyakan blogger adalah menulis. Tetapi di sini kan kita membuat blog kan ya ? jadi kita di sini tugasnya membuat artkel. Buat yang merasa keberatan dan ga mau repot monggo Skip aja gan, karena dalam dunia blogging itu tugas utama nya adalah posting - posting dan posting.


Terus di mana ilmu SEO nya ? SEO itu mencakup banyak jenis pekerjaan dan salah satunya membuat artikel tersebut. SEO sendiri memiliki mencakup jabaran yang luas dan saya sederhanakan saja : SEO on page dan SEO Off page, untuk penjelasan lebih mendetailnya bisa kalian simak di bawah ini:

1. Optimasi ( SEO ) On page

Optimasi on page ini adalah optimasi pada blog / website yang mencakup penataan atau mengatur ( lebih mudahnya : merapihkan ) bagian dalam blog. Maksutnya: membuat isi dalam blog kita menjadi lebih rapih dan lebih enak di baca dan lebih user friendly. Contohnya seperti apa mas optimasi On page itu ? Okey kita lihat di bawah ini:

- Artikel blog yang SEO
- Template blog yang SEO

Penjelasan singkat:
  • Artikel yang SEO
Dalam membuat artikel yang SEO ini adalah tugas utama dan sebagian besar merasa berat dalam membuat artikel ini , dan banyak temen temen kita di luar sana yang meributkan dalam pembuatan artikel yang SEO itu bagaimana. Banyak juga dari para blogger yang mengeluh: artikel saya sudah panjang sebanyak 2000 kata, tapi kog ga bisa page one yah ? 

kog traffik gak dateng juga yah ? padahal saya sudah mempraktekan ilmu sesuai yang di berikan para mastah ? Nah di sini neh penyakit kebanyakan dari kebanyakan blogger yang belum memahami dan belum mengerti bagaimana cara membuat postingan yang SEO . Lalu yang seperti apa mas artikel yang SEO itu ?

Okey di sini akan saya coba jelaskan sesuai kemapuan saya pribadi, di era Google Hummingbird ( Algoritma Google terbaru ) ini ada banyak sekali blog - blog para blogger pada tumbang di babat abis oleh ulah burung mungil Google ini. Jika kita sejenak menengok di tahun tahun 2010 - 2015 silam masih banyak para blogger yang gemah ripah loh Jinawi 

( senang - senang seperti gak mau mati ) he he he.. Ya gimana Gak di waktu waktu itu kita sebagai blogger hanya mengutamakan banyak indeks artikel Plus Backlink banyak sudah bisa merajai Google, tetapi untuk sekarang ? Mungkin iya mungkin banyak tidaknya . Nyengir kan !

Di era Hummingbird ini para blogger di tuntut untuk bisa lebih user friendly, dalam artian kita sebagai blogger di tuntut harus bisa menjadi teman yang baik untuk para user atau pembaca di Google. Dan salah satunya adalah membuat konten atau artikel blog yang menarik / relevan / dan enak di baca dan yang paling jitu adalah memenuhi kebutuhan apa yang di cari oleh user / visitor. Lalu apakah di era Hummngbird ini SEO sudah mati ? saya pribadi mengatakan tidak . Kenapa ? di era Hummingbird ini Google masih ramah dan bahkan sangat ramah sekali jika kalian tahu cara membuat mesin Google ini mengerti dan tahu dengan jelas bahwa blog kalian berkualitas .

Di era sekarang ini hanya membuat para spammer di bunuh tanpa bekas, dan bahkan Google gak pengen para spammer terlihat batang hidungnya. Mungkin masih ada blog blog yang menggunakan teknik AGC atau teknik teknik aneh lainya masih berjaya di page one Google. Okey itu untuk waktu waktu ini , karena Google sendiri juga mesin dan kita paham mesin pasti ada kelemahanya. Dan untuk blog blog yang mengutamakan postingan banyak tanpa memperhatikan kualitas artikel saya yakin dan saya jamin susah untuk menaikan traafik sampai maksimal, kalau misal dapat traffik 2000 - 3000 itu sudah mentok dan kalau masih ada yang lebih tinggi di angka itu maka siap siap saja kang untuk up date selanjutnya.

Terus bagaimana cara membuat artikel yang user friendly dan SEO ? dalam membuat artikel ini sebenarnya sangat mudah sekali , di sini kalian hanya cukup memainkan hoby dan kesukaan kalian masing - masing. Nah di sini kalian sudah bisa melihat sendiri : " Hoby " kenapa ? dalam logika dasar saja kita akan sangat suka dan bahkan tidak jenuh berlama lema ketika kita sudah bergelut dengan hobi kalian . Artinya ? di dalam dunia blogging saya sarankan untuk membuat blog sesuai dengan hoby atau dalam bahasan mudahnya jangan memaksanakan sesuatu yang  bukan fashion kalian. Paham ? OKey ! saya rasa kalian sudah bisa mencerna lebih dalam lagi maksut saya tadi.


Kebanyakan dari para blogger sekarang ini tidak memperhatikan titik dasar ini, mereka hanya fokus pada traffik blog. Dan yang lebih membuat saya ngeri lagi adalah kebanyakan dari para blogger di luar sana terpancing emosi dari tutorial para master lainya yang memposting blog pribadi mereka " teknik mendapat traffik 4000 per day dalam waktu 3 bulan " setelah mereka kerjakan bla bla bla bla .. beli ini beli itu .. sampai waktu dealnya 3 bulan . mana neh traffik ga nongol nongol ? nah puyeng kan kalian ? padahal saya sudah membuat artikel panjang 2000 kata, sudah membuat postingan rutin bla bla bla bla bla ......

Alhasil mereka semua hanya bisa keluar kata : Google Jahat , Google gak punya hati , Google anjink Bla bla bla dan sebagainya... pusing juga saya membaca curhatan seperti itu. Oke untuk temen temen yang yang berada di postingan ini maka jangan terpengaruh yah dengan yang namanya teknik bla bla bla dapat uang hanya dengan tidur ... Langsung datengin aja orangnya ... Tampolin satu RT ...

Nah dari pengalaman itu semua maka di sini kita bisa memutuskan bahwa sesuatu itu kalau bukan pada tempatnya maka hasilnya akan tidak baik alias kata - kata dongkol. Nah buat temen temen semua  untuk waktu ini dan waktu selanjutnya saya sarankan untuk membuat artikel yang baik - baik saja yeee ? yang seperti apa mas artikel yang baik itu biar ga seperti mereka - mereka yang ngataian Google jahat, Google gak punya hati, Google anjink ? wk kw kwwk kw  jangan di gituin gan Google, Google itu gak salah . yang salah itu mereka yang ngata ngatain Google jahat, lha wong Google diam diam aja kog malah tiap tahun semakin kaya mereka. Lha kog kalian yang pada teriak ..... he he he .( kalem gan , kalem )

Di sini kalian salah mengartikan juga kalau teknik mastah di atas salah , di sini kalian yang salah dalam mempraktekan teknik matah tersebut. Coba kalian lihat lebih detail lagi, apakah mastah yang membuat treat dan teknik itu menyebutkan kalau membuat artikel itu sesuai fashion kalian masing - masing . Gak kan ? di sini titik letak kesalahanya, hayoooo pada nyengir kan ? kalian nulis artikel 2000 kata sebanyak 30 artikel dengan waktu 3 - 5 hari  kalian nulis sambil berdoa dan berharap ya tuhan semoga artikel saya ini cepat selesai dan traffik datang. Pertanyaanya : apa kepala kalian gak pecah gan nulis artikel sebanyak itu dengan jumlah kata 2000 per artikel ? kalau saya gak mau , di bayar juga gak mau saya .. wkwkwk .. paling paling artikel kalian isinya cuma " kepala saya pecah tolong behenti nulis tolonggg " wk klk lkl klklk

Perhatikan baik - baik : kalian di dunia blooging kan tugas utama kan nulis , terus kalian nulis artikel blog kalian itu bukan sesuai fashion atau bertolak belakang dengan hati kalian. Saya yakin kalian membunuh karakter kalian sendiri dan batin kalian akan sakit dan yang keluar juga adalah artikel yang gak enak di baca dan di cerna. Alhasil visitor yang berkunjung ke blog kalian akan dengan mudah jenuh dan males dan hasilnya blog kalian akan di close ? wowww di sini kesalahan terparah di sini Google akan menilai bagus tidak nya blog kalian dangan bounce rate blog kalian, dari mana Google menilai dengan Bounce rate ? 

Jika ada visitor yang masuk ke blog kalian dan visitor itu adalah visitor yang baru saja datang ke blog kalian atau bisa di katakan visitor masih gres dan walam waktu beberapa menit atau detik sudah keluar dari blog kalian maka di sini Google akan menilai. Blog kalian jelek dan gak berguna .. Kog bisa ? maka dari situ letak teknik Google yang tidak bisa di manipulasi oleh praktik SEO mana saja. Dengan tolok ukur waktu maka blog kalian akan di nilai, semakain lama visitor kalian betah di blog maka semakin bagus blog kalian di mata Google . paham ? okey Next ...

okey di atas kalian sudah bisa mengartikan sendiri bagaimana cara membuat visitor itu bisa betah di blog kalian, okey sampai di sini saya ngga akan membahas mengenai bounce rate di atas. Kita di sini akan masuk dalam pembuatan artikel yang menarik dan SEO friendly dan user human not spam not bot . Okey kita lanjut di bawah ini:

Cara membuat artikel / postingan yang baik dan benar

Kalian sudah membaca panjang lebar tulisan di atas, dan sampai di sini saya yakin kalian sudah mengerti dan paham cara mengaplikasinya di blog kalian masing - masing. Okey untuk lebih jelasnya dan lebih akuratnya maka kalian bisa lihat sedikit contoh di bawah ini:


Ringkasan: di gambar di atas kalian bisa lihat sedikit contoh artikel, dari contoh di atas saya hanya mengambil judul dan paragaraf pertama. Di mana pada judul artikel ada kata kunci atau keyword yang kalian bidik, dan untuk paragraf pertama ada juga kata kunci yang di jadikan kata kundi bidikan.

Cara membuat artikel yang baik

Di sekarang ini memang di benarkan untuk bisa mendapat persaingan yang baik dan bagus di Google maka kalian harus memiliki artikel atau kontent yang panjang . Dan di sini kalian harus memperhatikan jangan asal panjang, maksut panjang di sini adalah mencakup penjelasan artikel yang lengkap. Jadi dalam pembuatan artikel ini usahakan memiliki penjelasan yang lengkap dan mengenai isi topik yang kalian bahas. Untuk lebih mudah nya kalian bisa lihat di bawah ini:

Penjabaran pembuatan artikel blog

1. Buat judul artikel di sisipi / ada keyword atau kata kunci yang di bidik
2. Buat artikel panjang 2000 kata ( di sini dalam artian kalian bisa menulis dengan enak dan santai )
3. Artikel terdapat tata letak paragraf - paragraf yang jelas dan terjabarkan dengan detail
4. Gaya bahasa usahakan dan sangat wajib dengan gaya bahasa enak di baca dan usahakan kalian bisa merayu visitor dengan tulisan kalian. Maksutnya merayu di sini adalah membuat visitor blog kalian bisa betah dan bahkan bisa kembali lagi di lain hari, dengan ini maka kalian bisa di katakan berhadil dalam membuat blog.
5. Menulis artikel sesuai fashion kalian masing - masing
6. Jangan sekali kali menulis artikel dengan memaksakan hati kalian, karena di sini kalian hanya menuruti ego pengen dapat traffik aja Guys.. So, gak baek yang dengan gaya seperti itu .
7. Posting artikel dengan senang hati atau dengan bahasa bloggingnya Happy Blogging.
8. Uang akan datang dengan sendirinya. Weissss mulai ijo neh mata ? wkwkwkwkw


Perhatikan baik baik teknik dalam membuat artikel di bawah ini + cara posting + cara mendatangkan trafffik blog

OKEY ! tahan dulu Guys, sabar dulu,, admin Mau makan dulu ,,, Udah laper dari tadi ....

Posting Komentar